Puding Coklat Simple dan Nyoklat

puding coklat saus putih

Teman-teman, apa kalian suka dengan puding coklat di Hoka Hoka Bento? Saya kalau ke HokBen suka membeli puding itu, rasa coklatnya pas begitu juga rasa manisnya. Ditambah saus coklat di atasnya yang agak2 pait, yummy…

Saya sudah beberapa kali mencoba resep puding coklat, yang pakai coklat bubuk, pakai cream, semuanya terasa kurang pas. Nah, puding coklat satu ini menurut saya paling mendekati rasanya dengan puding HokBen. Sayang, saya belum ketemu resep saus coklat yang seperti di HokBen, jadilah berpuas diri dengan saus vanilla. Kalau teman-teman ada yang punya resep vla coklat seperti di HokBen, pliss info ya:) Tapi saya yakinkan, vla putih ini pun enak rasanya. Tanpa menggunakan kuning telur tetap maknyus, dapet rasa gurihnya, jadi nga repot ngurusin sisa putih telur juga kan πŸ™‚ Kata sumber yang saya ambil untuk resep vla ini, rahasianya ada di susu evaporasi.

Resep puding saya sudah diubah sedikit dari resep aslinya, menurut saya jadi lebih gurih karena saya tambahkan sedikit garam. Juga nga terlalu manis, dengan kombinasi 2:1 untuk dcc dan dark chocolate. Menurut saya dark cooking chocolate itu masih terasa manis, jadi lebih enak kalau ditambah dark chocolate, yang saya pakai 85%. Jadi nga terlalu manis, dan lebih terasa nyoklat πŸ™‚ Kalau tidak campur dengan dark chocolate, takaran gula bisa dikurangi supaya tidak terlalu manis. Selain itu, saya juga menambahkan sedikit bubuk jelly supaya tekstur agak kokoh/kenyal. Nah, supaya bubuk agar-agar tidak menggumpal saat tercampur susu, campur dulu bubuk agar2 dengan gula, aduk rata. Tuang susu sedikit, aduk2 rata jangan sampai ada yang menggumpal, baru tambahkan sisa susu sambil terus diaduk

Untuk resep vla, seperti yang saya bilang tidak perlu pakai kuning telur. Nga repot pecahin telur, mending digoreng aja telurnya hihihi. Saya sendiri menambahkan sedikit rhum di vla supaya wangii.

RESEP PUDING COKLAT

(resep asli diambil dari www.majalahpuding.com)

Bahan:

  • 750 ml susu cair coklat
  • 50 gr gula pasir
  • 100 gr dark cooking chocolate dipotong-potong / dark chocolate chip
  • 50 gr dark chocolate 85% dipotong-potong
  • 1 bungkus agar-agar putih/coklat
  • 1 sdt nutrijell putih/coklat
  • sedikit garam

Cara Membuat:

  1. Di dalam panci, masukkan gula pasir, agar-agar, nutrijell, garam. Aduk rata
  2. Tuang susu sedikit (sekitar 150-200 ml) ke panci, aduk rata supaya bahan@ kering tadi tidak menggumpal. Tambahkan sisa susu perlahan-lahan sambil terus diaduk.
  3. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih kecil (jangan sampai menggolak-golak yaa), pastikan tidak ada yang menggumpal.
  4. Kecilkan api, masukkan dcc dan dark chocolate, aduk2 sampai coklat lumer semuanya dan air rebusan puding berubah warnanya jadi coklat gelap.
  5. Kalau sudah meleleh semua matikan api, tunggu sejenak sebelum dituang ke cetakan puding. Masukkan kulkas kalau sudah agak adem.

Note: entah kenapa coklat saya agak susah meleleh dengan sempurna dan agak menggumpal, jadi harus betul2 diaduk dan agak dipenyet2 sedikit kalau menggumpal. Selalu ada serbuk2 coklat di puding saya, but I don’t mind. Rasa tetap enak!! Cuma kl bentuk kurang mulus ajah…kalau disaring, banyak yang mengering di saringan jadi banyak terbuang, kan sayanggg.

RESEP VLA PUTIH

(diambil dari resep vla puding ala kfc di blog catatan nina)

Bahan:

  • 1 kaleng susu evaporated (F&N, Carnation)
  • 200 ml susu UHT plain
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 sdt maizena + 2 sdt tepung custard (tepung custard bisa diganti dengan tepung maizena)
  • 1/2 sdt vanilla
  • 1/2 sdt rhum

Cara Membuat:

  1. Campur tepung maizena dan custard dengan sedikit susu uht, kurang lebih 4sdm susu uht.
  2. Dalam panci, campur susu evaporasi, UHT, gula pasir, vanilla, dan larutan tepung maizena.
  3. Masak dia atas api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih.
  4. Matikan api, diamkan sejenak lalu tambahkan rhum.
  5. Saring vla supaya hasilnya mulus, simpan.

Simpan puding dan vla di dalam kulkas. Sajikan dingin.

Selamat mencoba.

Leave a comment