From bar to liquid soap

Belakangan ini gw lagi demen banget googling ttg homemade products, mulai dari laundry detergent, dish soap, hand soap, cleaner, disinfectant spray, shampoo, dll. Homemade ini dibuat dari bahan2 yang gampang dicari (emm ada jg sih yg susah dicarinya, di balikpapan ga ada yg jual soda abu buat bikin laundry detergent), dan lebih ramah lingkungan. Akhirnya gw jd terobsesi utk bikin homemade ini.

Sabtu kemarin, akhirnya, untuk kedua kalinya gw mencoba membuat sabun cair dari sabun batangan. Kenapa sabun cair? Karena gw ga tll suka pakai sabun batangan, dan ini salah satu homemade yg gampang dibuatnya cuma pakai sabun batangan dan air panas hehehe. Kali ini gw pake sabun bee&flower (yang pertama pakai sabun baby Johnson), yang katanya organik. Selain lebih hemat (1 sabun batang bisa jadi lebih dari 2L sabun cair kayanya), juga lebih sehat n go-green kan 🙂

Sebetulnya banyak web dari luar yang jelasin cara2 mengubah sabun batangan jadi sabun cair, kalau mau googling ketik aja diy liquid soap from bar soap, ini salah satu web yang jelasin caranya di www.livingwellspendingless.com.
Kalau gw sih kira2 aja karena males nakar2nya, pancinya jg ga muat kekecilan, mau pake yg gede kegedean. Intinya MALES hehehe.

IMG_0975-2.JPG

BAHAN2:
1/2 batang sabun bee&flower
Air hampir 1 panci kecil (kurleb diameter 15cm)

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan air sampai mendidih
2. Masukkan sabun, aduk2 sampai larut semuanya, matikan api
3. Pindahkan ke wadah lain, diamkan 24 jam atau semalaman
4. Tambahkan air panas kl tekstur tll kental, aduk2, diamkan lagi minimal 6 jam.
5. Ulangi langkah 4 seperlunya kl dirasa masi tll kental
6. Kl udah mencapai tekstur yang diinginkan, blender sabunnya spy tekstur lbh halus. Masukkan ke botol pompa, siap dipakai.

Note:
1. Aduk sabunnya jgn tll heboh ya spy nga meluap busanya waktu di atas api
2. Sabun ini ngga terlalu berbusa jd jangan berharap busanya banyak ya (namanya jg sabun organik)
3. Waktu masih panas air sabunnya emang encer, jgn ketipu ya, setelah didiamkan lama (min 6 jam deh kl nga sabaran) dia akan mengental

Gw sendiri kemarin ngga sabar, jadinya ngga sampai 6 jam uda ditambahin air, bbrp kali kaya gtu, akhirnya sabun gw sepertinya keenceran dan busanya makin hilang, kebalikan dari pengalaman yang pertama sabunnya tll kental. Tp dua2nya sama2 ga berbusa hahaha.
Entah salah dimana, mgk emang sabunnya aja yg ga banyak busa krn yang dipakai sabun baby (dulu bikinnya plus oil lg jd makin ga berbusa), skr pakai sabun organik.

Tapi setelah beberapa hari dipakai enak juga, basahin tangan asal aja, pompa 2x gosok2, berbusa jg koq dan bilasnya ga susah seperti sabun biasa yg banyak busanya.

Semoga liquid soap berikutnya bisa lebih baik 🙂

Leave a comment